,

Beasiswa Microcredential 2023 bagi Guru

KETONG BERSAMA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka Program Beasiswa Nongelar Micro Credential untuk tahun 2023. Program ini terbuka bagi guru di semua jenjang mulai PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK Non-Kejuruan, SLB hingga Dosen Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Adapun Beasiswa Micro Credential adalah beasiswa pendidikan jangka pendek secara daring selama kurun waktu 3, 4, atau 6 bulan pada perguruan tinggi luar negeri yang sudah ditetapkan.

Melalui Dana Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), kuota tahun ini jauh lebih besar. Dijelaskan oleh Direktur Guru Paud dan Pendidikan Masyarakat, Santi Ambarrukmi, selaku penanggung jawab Program Beasiswa LPDP Guru dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan akan membuka sekitar 15 bidang studi dengan sasaran total peserta sebanyak 425 orang.

Santi mengingatkan, pendaftaran beasiswa akan segera dibuka. Pelaksanaan program akan dimulai sekitar bulan Juni hingga November 2023.

“Bapak/Ibu sahabat GTK diharapkan agar selalu mengikuti informasi yang akan disampaikan di sosial media, laman Ditjen GTK dan direktorat teknis terkait di lingkungan Ditjen GTK,” ujarnya dalam situs Kemdikbud dikutip Selasa (11/4/2023).

Beasiswa Microcredential merupakan beasiswa non-gelar melalui dana Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Tahun 2023, beasiswa Microcredential kembali dibuka untuk para guru, tenaga kependidikan dan dosen PPG. Ada lebih banyak universitas ternama di dunia yang bekerjasama dan menyediakan berbagai program prioritas. Program beasiswa Microcredential dilaksanakan dalam bentuk pendidikan jangka pendek secara daring selama kurun waktu 3, 4, atau 6 bulan pada perguruan tinggi luar negeri yang sudah ditetapkan.

Sasaran program beasiswa Microcredential adalah Guru Tetap pada satuan pendidikan dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun oleh masyarakat, pada pendidikan formal jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Sambil menunggu pembukaan pendaftaran, guru bisa menyiapkan syarat-syarat seleksi dari sekarang.

Syarat Umum Beasiswa Micro Credential 2023:

1.Warga Negara Indonesia
2.Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
3.Sudah mengajar/membimbing/bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun berturut-turut
4.Sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi akademik studi program strata satu (S1/DIV)
5.Memiliki kemampuan penggunaan TIK
6.Melampirkan surat rekomendasi dari atasan
Sehat jasmani dan rohani

Selain itu ada juga Syarat Khusus Beasiswa Micro Credential 2023:

1.Mengunggah surat rekomendasi dari atasan
2.Mengunggah surat keterangan sehat
3.Mengunggah surat izin mendaftar beasiswa dari dinas pendidikan bagi guru PNS, dan dari yayasan bagi guru tetap yayasan
4.Mengunggah dan bersedia menandatangani surat pernyataan
5.Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar maksimal 50 tahun
6.Mengunggah dokumen ijazah asli atau telah dilegalisir

7.Mengunggah dokumen jenjang studi sebelumnya yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir
8.Skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 460/iBT 48/IELTS 5.5 atau Duolingo English Test 75. (Dikecualikan bagi peserta yang pendidikan sebelumnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar Utama)
9.Mengunggah sertifikat berlisensi TOEFL ITP/iBT atau IELTS dari lembaga penyelenggara tes TOEFL ITP, TOEFL iBT, IELTS atau Duolingo English Test.

So,buat kamu khususnya guru guru dan pengajar yang pengen melanjutkan pendidikan dan ingin mendapatkan beasiswa,buruan daftar yah. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page